Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....
Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 hari ini Kamis 12 September 2024,
Capaian Pembelajaran : Penilaian Latihan Pengetahuan mengenai Teks Laporan Percobaan
Tujuan Pembelajaran : siswa mampu menjawab pertanyaan dengan tepat sesaui dengan pengetahuan tentang materi teks laporan percobaan
soal Latihan :
1. (1) Bersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran dengan sabun yang mengandung minyak tumbuhan.
(2) Terakhir oleskan wajah dengan pelembab.
(3) Bilas dengan air hangat, lalu segarkan dengan air mawar atau air dingin.
(4) Kemudian, pijat wajah dengan gerakan rotasi menggunakan campuran minyak esensial dan minyak zaitun.
Urutan kalimat petunjuk membersihkan wajah yang tepat adalah.....
A. (1) – (4) – (2) – (3)
B. (1) – (4) – (3) – (2)
C. (3) – (1) – (4) – (2)
D. (4) – (2) – (1) – (3)
2. Teks yang bertujuan mengklasifikasi dan/atau mendeskripsikan, menggambarkan, dan memberi informasi faktual adalah tujuan dari ....
A. Teks eksplanasi
B. Teks deskripsi
C. Teks laporan
D. Teks eksposisi
3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cutter
2) 2 buah tanaman pacar air
3) 2 botol air mineral bekas ukuran 1.500 ml
4) 2 sachet pewarna makanan biru dan merah
5) Air secukupnya
Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks
rekaman percobaan pada ...
A. Tujuan
B. Bahan dan alat
C. Prosedur
D. Hasil pengamatan
4. Membuat Slime Tanpa Boraks
Berdasarkan judul tersebut, penulisan tujuan laporan percobaan yang tepat adalah ...
A.
Slime
merupakan mainan yang sedang populer di kalangan remaja. Slime merupakan mainan
unik yang tersusun dari polimer cross-link, bahan ini diklasifikasikan sebagai
cairan yang biasanya dibuat dengan menggabungkan larutan polivinil alkohol
dengan ion borat dalam wadah campur besar.
B.
Cara
membuat slime tanpa boraks cukup menggunakan bahan lem pivonal secukupnya,
deterjen bubuk secukupnya, deterjen cair secukupnya, pembersih lantai
secukupnya. Bahan-bahan ini sangat mudah didapat.
C.
Mula-mula
campurkan terlebih dahulu empat bahan yang telah tersedia dengan air, campuran
ini disebut activator. Kemudian aduk campuran tersebut sampai rata.
D.
Melatih
kreativitas anak-anak agar mampu berinovasi membuat slime sendiri dengan
bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya.
5. Percobaan Membersihkan Air yang Tercemar Menggunakan Tumbuhan Ilalang
Berdasarkan judul tersebut, penulisan rumusan masalah yang benar adalah ...
A.
Bagaimana
bisa ilalang membersihkan air yang tercemar?
B.
Bagaimanakah
cara menanam tumbuhan ilalang?
C.
Bagaimanakah
proses membersihkan air yang tercemar menggunakan tumbuhan ilalang?
D.
Bagaimanakah
proses air dapat menumbuhkan tumbuhan ilalang?
6. Dibawah
ini sinonim yang tepat adalah…
A. Besar
= kecil
B. Melihat
= memperhatikan
C. Kurus = gemuk
D. Bahagia = sedih
7. Teks lɑporɑn percobɑɑn hɑrus ideɑl, kecuɑli..
A.
Memiliki
struktur teks yɑng tidɑk lengkɑp
B.
Memɑnfɑɑtkɑn
konjungsi ɑtɑu kɑtɑ penghubung yɑng tepɑt
C.
Penglompokɑn
kɑtɑ dilɑkukɑn berdɑsɑrkɑn kriteriɑ tertentu
D.
Memfungsikɑn
kelompok kɑtɑ dɑn jenis kɑtɑ sesuɑi dengɑn teks
8.
Perhatikan teks berikut
Letakkan potongan kayu di seluruh permukaan tabung yang secara vertical (1).
Potong-potong
ranting kayu dengan panjang kurang lebih 10-15 cm (2)
Warnai sesuai ke
inginanmu. Tempat dan pensil siap untuk di gunakan (3)
Lem semua
permukaan karton berkas tisu (4)
Buɑtlɑh tɑtɑkɑn
dɑri pɑpɑn kɑyu sebɑgɑi dɑsɑr dengɑn pɑlu (5)
Urutan
langkah-langkah diatas yang tepat adalah..
A. 5-2-1-4-3
B. 2-3-1-5-4
C. 2-4-1-5-3
D. 1-5-4-2-3
9.
Sebelum
melakukan kegiatan percobaan, hal yang harus dipersiapkan adalah..
A.
Alat
dan bahan
B.
Tabel
C.
Simpulan
D. Hasil
10. Pertama, percobaan dimulai dengan menghubungkan dua kabel pada bohlam. Cara yang digunakan adalah dengan mengelupas sebagian ujung kabel sehingga bagian logamnya tampak lalu direkatkan pada bohlam dengan menggunakan selotip.
Bagian
teks laporan percobaan yang sesuai pernyataan di atas adalah...
A.
Tujuan
B.
Cara kerja
C.
Alat dan Bahan
D.
Hasil
Silahkan jawab dan Salinlah Tugas Pembelajaran pada lembar kerja / buku Bahasa Indonesia masing-masing sebagai penilaian harian.
tulis soal dan pilih salah satu jawaban beserta keterangannya.
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar