Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....
Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia bersama Miss Mayang,
Kelas 8 hari ini Rabu 13 November 2024, Pada Pembelajaran hari ini kita
akan membahas Pengertian Artikel Ilmiah Populer. Silahkan dibaca dan dipahami materinya.
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik mampu
·
menganalisis
dan memaknai informasi berupa
gagasan, pikiran, perasaan,
pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai tipe
teks audio visual dan aural dalam
bentuk monolog, dialog, dan gelar
wicara.
Tujuan Pembelajaran :
peserta didik mampu
·
Mengidentifikasi
artikel ilmiah populer dan informasi yang ada di dalamnya
·
Mengidentifikasi
dan memahami perbedaan antara fakta dan opini
Topik Pembahasan :
1.
Mendiskusikan Artikel Ilmiah Populer
2.
Menemukan Informasi Dalam Artikel Ilmiah Populer
3.
Mengidentifikasi Ciri-Ciri Artikel Ilmiah Populer
Berikut ini video materi hari ini, mari disimak : https://youtu.be/8lbpi02fJwE?si=0-BiRcp7DP9PsQUD
1.
Pengertian Artikel Ilmiah Populer
Artikel ilmiah populer
adalah karya tulis yang mengandung ilmu pengetahuan dan ditulis dengan
bahasa Indonesia yang ringan serta mudah dipahami banyak orang.
Semua informasi yang ada
di artikel ini bersifat ilmiah dan mengandung ilmu pengetahuan yang bisa
dibuktikan kebenarannya.
Oleh karena itu, artikel
ilmiah populer bersifat objektif.
Umumnya, artikel ilmiah
populer diterbitkan di media massa, baik cetak maupun elektronik (web).
2.
Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer
Artikel
ilmiah populer memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan teks lain,
yaitu:
A. Ada pendapat penulis
Pendapat
ini merupakan sudut pandang atau penilaian penulis tentang suatu hal.
B. Ada bukti
Pernyataan
diikuti bukti-bukti ilmiah yang mendukung pendapat penulis. Bukti ini
harus bisa dibuktikan kebenarannya.
C. Ada alasan
Alasan
berupa penjelasan tentang pernyataan dan bukti-bukti. Sebuah artikel ilmiah
populer kadang disertai dengan keterangan ilmiah.
D. Bahasa mudah dipahami
Artikel
ilmiah populer menggunakan bahasa
Indonesia yang mudah dipahami. Populer berarti disukai
karena mudah dipahami oleh banyak orang dan kalangan.
3. Tujuan Artikel Ilmiah Populer
Penulisan
artikel ilmiah bertujuan untuk menjelaskan sebuah ide atau gagasan yang
disertai dengan bukti-bukti yang meyakinkan.
Hasil
akhir yang diharapkan penulis artikel adalah agar pembaca memahami gagasannya.
AYO
BERLATIH !!!
Perhatikan
Artikel Berikut ini !
INTERAKSI PESERTA DIDIK
DIFABEL DI SEKOLAH INKLUSI Membicarakan
interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi merupakan sesuatu yang
menarik. Peserta didik difabel adalah peserta didik yang mengalami
keterbatasan, baik dari segi fisik maupun mental. Dikutip dari laman
halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi
seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik,
mental, maupun intelektual. Mereka disebut difabel karena mempunyai kemampuan
yang berbeda dibanding anak-anak lainnya. Jadi, sekolah inklusi memberikan
layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap
peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi
menggunakan simbol-simbol, seperti dengan puzzle, gambar, dan simbol-simbol
pendukung lainnya. Peserta didik
difabel sudah selayaknya mendapat layanan khusus saat berinteraksi di sekolah
inklusi. Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping,
tetapi juga dari semua pihak yang ada di sekolah. Guru-guru yang bukan
guru pendamping, peserta didik yang bukan peserta didik difabel, petugas
perpustakaan, penjaga keamanan sekolah, pemilik kantin, sampai masyarakat
sekitar sekolah juga harus mendukung layanan interaksi khusus untuk peserta
didik difabel. Jika sewaktu-waktu
peserta didik difabel keluar dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat
diharapkan memperlakukan mereka dengan baik. Artinya, semua pihak saling
bersinergi menerima keberadaan peserta didik difabel di sekolah inklusi.
Apabila sudah ada interaksi yang baik antara peserta didik difabel dan semua
pihak di sekolah inklusi, mereka akan merasa nyaman di sekolah. Dengan
demikian, kemungkinan mereka juga dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama
sekolah, seperti peserta didik yang lain. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar