Rabu, 13 November 2024

BAB III - Pengertian Artikel Ilmiah Populer, prt 1, kelas 8

 Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... 

Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia bersama Miss Mayang, Kelas 8 hari ini Rabu 13 November 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas Pengertian Artikel Ilmiah Populer. Silahkan dibaca dan dipahami materinya.

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu

·         menganalisis dan memaknai  informasi  berupa  gagasan,  pikiran, perasaan, pandangan,  arahan atau pesan yang tepat dari  berbagai  tipe  teks audio visual  dan aural dalam bentuk monolog,  dialog, dan gelar wicara.

Tujuan Pembelajaran :

peserta didik mampu 

·         Mengidentifikasi artikel ilmiah populer dan informasi yang ada di dalamnya

·         Mengidentifikasi dan memahami perbedaan antara fakta dan opini

 

Topik Pembahasan :

1.    Mendiskusikan Artikel Ilmiah Populer

2.    Menemukan Informasi Dalam Artikel Ilmiah Populer

3.    Mengidentifikasi Ciri-Ciri Artikel Ilmiah Populer

Berikut ini video materi hari ini, mari disimak : https://youtu.be/8lbpi02fJwE?si=0-BiRcp7DP9PsQUD

 


1.      Pengertian Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer adalah karya tulis yang mengandung ilmu pengetahuan dan ditulis dengan bahasa Indonesia yang ringan serta mudah dipahami banyak orang.

Semua informasi yang ada di artikel ini bersifat ilmiah dan mengandung ilmu pengetahuan yang bisa dibuktikan kebenarannya.

Oleh karena itu, artikel ilmiah populer bersifat objektif.

Umumnya, artikel ilmiah populer diterbitkan di media massa, baik cetak maupun elektronik (web).

2.    Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan teks lain, yaitu:

A.   Ada pendapat penulis

Pendapat ini merupakan sudut pandang atau penilaian penulis tentang suatu hal.

B.   Ada bukti

Pernyataan diikuti bukti-bukti ilmiah yang mendukung pendapat penulis. Bukti ini harus bisa dibuktikan kebenarannya.

C.    Ada alasan

Alasan berupa penjelasan tentang pernyataan dan bukti-bukti. Sebuah artikel ilmiah populer kadang disertai dengan keterangan ilmiah.

D.   Bahasa mudah dipahami

Artikel ilmiah populer menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Populer berarti disukai karena mudah dipahami oleh banyak orang dan kalangan.

 

3.   Tujuan Artikel Ilmiah Populer

Penulisan artikel ilmiah bertujuan untuk menjelaskan sebuah ide atau gagasan yang disertai dengan bukti-bukti yang meyakinkan.

Hasil akhir yang diharapkan penulis artikel adalah agar pembaca memahami gagasannya.

 

AYO BERLATIH !!!

Perhatikan Artikel Berikut ini !

INTERAKSI PESERTA DIDIK DIFABEL DI SEKOLAH INKLUSI

 

Membicarakan interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi merupakan sesuatu yang menarik. Peserta didik difabel adalah peserta didik yang mengalami keterbatasan, baik dari segi fisik maupun mental. Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual. Mereka disebut difabel karena mempunyai kemampuan yang berbeda dibanding anak-anak lainnya. Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi menggunakan simbol-simbol, seperti dengan puzzle, gambar, dan simbol-simbol pendukung lainnya.

 

Peserta didik difabel sudah selayaknya mendapat layanan khusus saat berinteraksi di sekolah inklusi. Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping, tetapi juga dari semua pihak yang ada di sekolah.

Guru-guru yang bukan guru pendamping, peserta didik yang bukan peserta didik difabel, petugas perpustakaan, penjaga keamanan sekolah, pemilik kantin, sampai masyarakat sekitar sekolah juga harus mendukung layanan interaksi khusus untuk peserta didik difabel.

 

Jika sewaktu-waktu peserta didik difabel keluar dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat diharapkan memperlakukan mereka dengan baik. Artinya, semua pihak saling bersinergi menerima keberadaan peserta didik difabel di sekolah inklusi. Apabila sudah ada interaksi yang baik antara peserta didik difabel dan semua pihak di sekolah inklusi, mereka akan merasa nyaman di sekolah. Dengan demikian, kemungkinan mereka juga dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama sekolah, seperti peserta didik yang lain.


Berbekal bacaan tersebut, bersama teman sebangku kalian, diskusikanlah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.      Bagaimana interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi?

2.      Mengapa peserta didik difabel memerlukan layanan khusus?

3.      Informasi penting apa yang disampaikan teks tersebut?

4.      Apakah di sekolah kalian juga terdapat peserta didik difabel? Jika ada, bagaimana perlakuan yang mereka terima selama berinteraksi di sekolah?



________SELAMAT BELAJAR_______

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 9 - Bab 1 - Unsur Kebahasaan: Memahami Sudut pandang orang pertama - Pertemuan 2

  Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 hari ini Senin 2...