Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....
Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia bersama Miss Mayang,
Kelas 8 hari ini Kamis 14 November 2024, Pada Pembelajaran hari ini kita
akan membahas tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer. Silahkan dibaca dan
dipahami materinya.
Capaian
Pembelajaran :
·
Peserta
didik mampu memahami informasi berupa gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
·
Peserta
didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.
Tujuan Pembelajaran : peserta
didik mampu
·
Memahami
cara-cara mendapatkan informasi untuk membuat sebuah artikel ilmiah popular
·
Menulis
artikel ilmiah populer sesuai kaidah
Topik Pembahasan :
·Menemukan
Fakta dan Opini dalam Artikel Ilmiah Populer
·Menemukan Informasi
Berupa Data
·Menulis
Artikel Ilmiah Populer
Berikut ini video materi hari ini, mari disimak : https://youtu.be/q4RtKK3bZMo?si=Ih_dXFJlm8TY1Q_l
Struktur Artikel Ilmiah Populer
1. Judul
Judul artikel
ilmiah populer umumnya lebih sederhana dan menarik, tapi
tetap harus mencerminkan isi teks.Judul yang sederhana dan menarik ini rasa
penasaran dan ketertarikan pembaca.
2. Pendahuluan
Pendahuluan adalah bagian yang menjelaskan tentang pengenalan atau
pembukaan dari artikel ilmiah populer. Di sini, penulis menjelaskan latar
belakang dan metode yang digunakan dalam membuat artikel ilmiah populer
tersebut.
3. Isi
Di dalam bagian ini, berisi pandangan dan analisis
penulis mengenai topik yang dibahas. Biasanya penulis akan menambahkan beberapa
argumen dari para ahli dan data yang mendukung suatu penulisan.
4. Penutup
Penutup berisi kesimpulan penulis tentang suatu topik yang sudah
dianalisis.
Jenis-Jenis Karya Ilmiah Populer
1. Esai
Esai adalah suatu karangan
prosa yang berisi mengenai suatu topik atau masalah tertentu dan ditulis dengan
berdasarkan sudut pandang sang penulis. Esai juga merupakan opini, pandangan,
ataupun ekspresi pribadi yang dituangkan dalam berbagai bentuk tulisan. Meski
demikian, esai akan tetap ditulis dengan argumen yang jelas dan kuat.
2. Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah juga tergolong
sebagai karya ilmiah populer yang isinya berupa ilmu pengetahuan dengan
memaparkan berbagai fakta tertentu. Selain itu, ditulis dengan metodologi yang
benar, tetapi tetap menggunakan bahasa yang lebih ringan.
3. Opini
Opini sebagai suatu karya
ilmiah populer yang berisi pendapat, ide, pikiran penulis mengenai suatu topik
tertentu. Umumnya, teks ini sendiri bersifat tidak objektif, tetapi isinya
tetap mengedepankan mengenai suatu argumen dengan data yang jelas. Contoh tulisan
opini yang paling mudah ditemukan diantaranya adalah opini yang dipublikasikan
di media massa.
Langkah
Penulisan Artikel Ilmiah Populer
1. Tentukan
Topiknya
Sebelum Anda memulai membuat artikel ilmiah populer, harus menentukan
terlebih dahulu topik yang akan dikembangkan.
Sebagai contoh seperti topik kebersihan lingkungan, pendidikan, sosial,
kesehatan, dan lain-lain. Atau bisa juga dari pengalaman Anda, minat Anda, dan
observasi mengenai lingkungan sekitar.
2. Tentukan
Tujuannya
Selanjutnya harus menentukan tujuan dari adanya penulisan artikel ilmiah
populer tersebut.
Contohnya seperti artikel ilmiah populer mengenai kebiasaan sarapan bagi
siswa.
Itu memiliki tujuan supaya untuk mengetahui ada berapa banyak siswa yang
melakukan sarapan sebelum berangkat sekolah.
3. Menentukan
Cara Mendapatkan Informasi
Terdapat 3 (tiga) cara untuk Anda bisa mendapatkan informasi dalam
pembuatan artikel ilmiah populer yaitu:
1) Wawancara
artinya Anda harus melakukan tanya jawab kepada narasumbernya untuk bisa
mendapatkan informasi.
2) Kuesioner artinya sebuah daftar pertanyaan
yang dibuat oleh Anda untuk mendapatkan suatu informasi.
3) Tulisan
orang lain artinya Anda juga bisa mendapatkan informasi itu dari tulisan
artikel orang lain.
4. Tuliskan
Pendapat dari Informasi yang Ditemukan
Tambahkan juga pendapat pribadi dari informasi yang sudah Anda temukan
untuk penulisan artikel ilmiah populer. Pendapat tersebut juga harus
berdasarkan data yang ada.
5. Menulis
Artikel
Selanjutnya
semua informasi lengkap Anda harus memulai untuk membuat artikel tersebut
dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
AYO BERLATIH !!!
NOTE :
1. Pengertian Fakta
Pengertian fakta dalam kalimat adalah menjadi sebuah sifat yang
menunjukan bentuk kalimat berdasarkan situasi riil atau peristiwa, masalah, dan
konteks wacana yang benar-benar terjadi. Kebenaran dalam fakta menciptakan
ciri- ciri atau karakteristik pada kalimat tersebut agar dapat menampilkan
kebenaran itu sendiri secara kebahasaan. Hal dikatakan sebuah fakta jika
ditampilkan karena sudah teruji dan terbukti.
Contoh :
·
Sapi adalah hewan yang berkaki empat dan makhluk herbivora.
·
Pensil Yang dijual oleh beberapa swalayan memiliki harga diatas
sepuluh ribu rupiah.
·
Oksigen adalah sebuah energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia
untuk bertahan hidup.
2. Pengertian Opini
Opini adalah suatu bentuk pendapat, pemikiran, atau pendirian
seseorang saat menghadapi fenomena tertentu berdasarkan perspektifnya. Itulah
sebabnya sebuah opini bergantung dari siapa yang mengungkapnya bukan kejadian
fakta yang terjadi, melainkan tanggapan atas kemunculan kejadian itu. Maka
menjadi hal wajar jika dalam satu fenomena tertentu akan banyak muncul opini
yang berbeda-beda sesuai dengan perspektif masing-masing orang.
Contoh :
·
Rumah milik artis Hollywood tersebut besar sekali.
·
Orang kurus biasanya tidak suka dan jarang makan.
·
Perut buncit bisa terjadi karena setelah makan seseorang langsung
tidur.
1. Dari teks Artikel yang sudah dibagikan kesiswa yang berjudul “Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi”. Kemudian Kelompokkan kalimat yang merupakan fakta dan kalimat yang merupakan opini dengan memberikan tanda centang!
No |
Kalimat |
Fakta |
Opini |
1 |
Peserta didik yang mengalami keterbatasan, baik
dari segi fisik maupun mental, disebut peserta didik difabel. |
|
|
2 |
Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk
menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan,
baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual. |
|
|
3 |
Peserta didik difabel sudah selayaknya mendapat
layanan khusus saat berinteraksi di sekolah inklusi. |
|
|
4 |
Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik
difabel dalam berinteraksi. |
|
|
5 |
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh
Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan
dengan interaksi simbolik atau interaksi yang menggunakan simbol-simbol,
seperti puzzle, gambar, dan simbol-simbol pendukung lainnya. |
|
|
6 |
Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping, tetapi
juga dari semua pihak yang ada di sekolah. |
|
|
7 |
Jika sewaktu-waktu peserta didik difabel keluar
dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat diharapkan memperlakukan
mereka dengan baik. |
|
|
2. berlatihlah menulis kalimat baru
dengan menggunakan kata-kata pada Jelajah Kata!
No |
Kosakata |
Kalimat |
1 |
Etiket |
|
2 |
Kuesioner |
|
3 |
Koleksi |
|
4 |
Editor |
|
5 |
reputasi |
|
______________SELAMAT BELAJAR_________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar