Kamis, 14 November 2024

BAB III - Menulis Artikel Ilmiah Populer prt2, Kelas 8

 Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... 

Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia bersama Miss Mayang, Kelas 8 hari ini Kamis 14 November 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer. Silahkan dibaca dan dipahami materinya.

Capaian Pembelajaran :

·         Peserta didik mampu memahami informasi berupa gagasan,  pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks visual dan  audiovisual untuk menemukan  makna yang tersurat dan tersirat. 

·         Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan,  arahan atau pesan tertulis untuk  berbagai tujuan secara logis,  kritis, dan kreatif.

Tujuan Pembelajaran : peserta didik mampu 

·         Memahami cara-cara mendapatkan informasi untuk membuat sebuah artikel ilmiah popular

·         Menulis artikel ilmiah populer sesuai kaidah

 

Topik Pembahasan :

·Menemukan Fakta dan Opini dalam Artikel Ilmiah Populer

·Menemukan Informasi Berupa Data

·Menulis Artikel Ilmiah Populer

Berikut ini video materi hari ini, mari disimak : https://youtu.be/q4RtKK3bZMo?si=Ih_dXFJlm8TY1Q_l 


Struktur Artikel Ilmiah Populer

1.    Judul

Judul artikel ilmiah populer umumnya lebih sederhana dan menarik, tapi tetap harus mencerminkan isi teks.Judul yang sederhana dan menarik ini rasa penasaran dan ketertarikan pembaca.

2.    Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian yang menjelaskan tentang pengenalan atau pembukaan dari artikel ilmiah populer. Di sini, penulis menjelaskan latar belakang dan metode yang digunakan dalam membuat artikel ilmiah populer tersebut.

3.    Isi

Di dalam bagian ini, berisi pandangan dan analisis penulis mengenai topik yang dibahas. Biasanya penulis akan menambahkan beberapa argumen dari para ahli dan data yang mendukung suatu penulisan.

4.    Penutup

Penutup berisi kesimpulan penulis tentang suatu topik yang sudah dianalisis.

 

Jenis-Jenis Karya Ilmiah Populer

1.      Esai

Esai adalah suatu karangan prosa yang berisi mengenai suatu topik atau masalah tertentu dan ditulis dengan berdasarkan sudut pandang sang penulis. Esai juga merupakan opini, pandangan, ataupun ekspresi pribadi yang dituangkan dalam berbagai bentuk tulisan. Meski demikian, esai akan tetap ditulis dengan argumen yang jelas dan kuat.

2.      Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah juga tergolong sebagai karya ilmiah populer yang isinya berupa ilmu pengetahuan dengan memaparkan berbagai fakta tertentu. Selain itu, ditulis dengan metodologi yang benar, tetapi tetap menggunakan bahasa yang lebih ringan.

3.      Opini

Opini sebagai suatu karya ilmiah populer yang berisi pendapat, ide, pikiran penulis mengenai suatu topik tertentu. Umumnya, teks ini sendiri bersifat tidak objektif, tetapi isinya tetap mengedepankan mengenai suatu argumen dengan data yang jelas. Contoh tulisan opini yang paling mudah ditemukan diantaranya adalah opini yang dipublikasikan di media massa.

 

Langkah Penulisan Artikel Ilmiah Populer

1.       Tentukan Topiknya

Sebelum Anda memulai membuat artikel ilmiah populer, harus menentukan terlebih dahulu topik yang akan dikembangkan.

Sebagai contoh seperti topik kebersihan lingkungan, pendidikan, sosial, kesehatan, dan lain-lain. Atau bisa juga dari pengalaman Anda, minat Anda, dan observasi mengenai lingkungan sekitar.

2.       Tentukan Tujuannya

Selanjutnya harus menentukan tujuan dari adanya penulisan artikel ilmiah populer tersebut.

Contohnya seperti artikel ilmiah populer mengenai kebiasaan sarapan bagi siswa.

Itu memiliki tujuan supaya untuk mengetahui ada berapa banyak siswa yang melakukan sarapan sebelum berangkat sekolah.

3.       Menentukan Cara Mendapatkan Informasi

Terdapat 3 (tiga) cara untuk Anda bisa mendapatkan informasi dalam pembuatan artikel ilmiah populer yaitu:

1)       Wawancara artinya Anda harus melakukan tanya jawab kepada narasumbernya untuk bisa mendapatkan informasi.

2)        Kuesioner artinya sebuah daftar pertanyaan yang dibuat oleh Anda untuk mendapatkan suatu informasi.

3)       Tulisan orang lain artinya Anda juga bisa mendapatkan informasi itu dari tulisan artikel orang lain.

4.       Tuliskan Pendapat dari Informasi yang Ditemukan

Tambahkan juga pendapat pribadi dari informasi yang sudah Anda temukan untuk penulisan artikel ilmiah populer. Pendapat tersebut juga harus berdasarkan data yang ada.

5.       Menulis Artikel

Selanjutnya semua informasi lengkap Anda harus memulai untuk membuat artikel tersebut dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

 

AYO BERLATIH !!!

NOTE :

1. Pengertian Fakta

Pengertian fakta dalam kalimat adalah menjadi sebuah sifat yang menunjukan bentuk kalimat berdasarkan situasi riil atau peristiwa, masalah, dan konteks wacana yang benar-benar terjadi. Kebenaran dalam fakta menciptakan ciri- ciri atau karakteristik pada kalimat tersebut agar dapat menampilkan kebenaran itu sendiri secara kebahasaan. Hal dikatakan sebuah fakta jika ditampilkan karena sudah teruji dan terbukti. 

Contoh :

·         Sapi adalah hewan yang berkaki empat dan makhluk herbivora.

·         Pensil Yang dijual oleh beberapa swalayan memiliki harga diatas sepuluh ribu rupiah.

·         Oksigen adalah sebuah energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup.

 

2. Pengertian Opini

Opini adalah suatu bentuk pendapat, pemikiran, atau pendirian seseorang saat menghadapi fenomena tertentu berdasarkan perspektifnya. Itulah sebabnya sebuah opini bergantung dari siapa yang mengungkapnya bukan kejadian fakta yang terjadi, melainkan tanggapan atas kemunculan kejadian itu. Maka menjadi hal wajar jika dalam satu fenomena tertentu akan banyak muncul opini yang berbeda-beda sesuai dengan perspektif masing-masing orang. 

Contoh :

·         Rumah milik artis Hollywood tersebut besar sekali.

·         Orang kurus biasanya tidak suka dan jarang makan. 

·         Perut buncit bisa terjadi karena setelah makan seseorang langsung tidur. 

 

1.       Dari teks Artikel yang sudah dibagikan kesiswa yang berjudul “Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi”. Kemudian Kelompokkan kalimat yang merupakan fakta dan kalimat yang merupakan opini dengan memberikan tanda centang!

No

Kalimat

Fakta

Opini

1

Peserta didik yang mengalami keterbatasan, baik dari segi fisik maupun mental, disebut peserta didik difabel.

 

 

2

Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual.

 

 

3

Peserta didik difabel sudah selayaknya mendapat layanan khusus saat berinteraksi di sekolah inklusi.

 

 

4

Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi.

 

 

5

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi yang menggunakan simbol-simbol, seperti puzzle, gambar, dan simbol-simbol pendukung lainnya.

 

 

6

Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping, tetapi juga dari semua pihak yang ada di sekolah.

 

 

7

Jika sewaktu-waktu peserta didik difabel keluar dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat diharapkan memperlakukan mereka dengan baik.

 

 

 

2. berlatihlah menulis kalimat baru dengan menggunakan kata-kata pada Jelajah Kata!

No

Kosakata

Kalimat

1

Etiket

 

2

Kuesioner

 

3

Koleksi

 

4

Editor

 

5

reputasi

 

 

______________SELAMAT BELAJAR_________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 8 - Bab 1 - Mengenal Topik dan Gagasan Utama Teks LHO - Pertemuan 2

  Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 hari ini Kamis 1...