Rabu, 31 Juli 2024

BAB 1 - Kaidah Kebahasaan teks Percobaan - kelas 9

 

Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... 

Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 hari ini Rabu 31 Juli 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Kaidah kebahasaan pada Teks Laporan Percobaan. Silahkan dibaca dan dipahami materinya.

 

Indikator Pembelajaran :

3.2.1        Menganalisis  struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Tujuan Pembelajaran : peserta didik mampu:

·         Mengetahui kaidah kebahasaan pada teks laporan percobaan

·         Memahami kaidah kebahasaan pada laporan percobaan

 

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

1. Menggunakan sinonim dan antonim

Pada teks laporan hasil percobaan, biasanya terdapat kata yang bersinonim atau bahkan berantonim. Biasanya, kata-kata ini terdapat pada bagian langkah-langkah percobaan.

2. Menggunakan kata bilangan

Pada teks laporan hasil percobaan, akan ditemukan kata bilangan yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.

4. Menggunakan kata hubung

Pada teks laporan percobaan, akan ditemukan kata hubung dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya.

5. Menggunakan nomina atau kata benda

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nomina adalah kelas kata yang ditandai tidak bisa bergabung dengan kata tidak

Misalnya, kata ‘rumah’ merupakan nomina karena tidak mungkin dikatakan ‘tidak rumah’. Biasanya, nomina berfungsi sebagai subjek atau objek dari klausa.

Dalam teks laporan percobaan, penggunaan nomina dapat ditemukan di seluruh struktur. 

Misalnya dalam struktur langkah-langkah, ‘Peraslah jus lemon ke dalam mangkuk. Tambahkanlah beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.’ Nomina atau kata benda yang terdapat pada kalimat tersebut adalah lemonmangkuk, dan air.

6. Menggunakan verba/kata kerja

Kata kerja biasanya berfungsi sebagai predikat di dalam kalimat. Predikat verba dalam kalimat berarti menjelaskan subjek/pelaku dalam kalimat tersebut sedang melakukan apa.

Contoh penggunaan verba dalam struktur latar belakang misalnya, ‘Air jeruk merupakan senyawa asam lemah sehingga menghasilkan reaksi gelembung yang sedikit dan tidak adanya nyala lampu.’ Verba atau kerja dalam kalimat tersebut adalah menghasilkan
. 

7. Menggunakan Pola Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sesuatu. Coba kamu perhatikan contoh ini:

Matahari  memancarkan  sinar ultraviolet.

                                                   O

Kalau dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa:

Pelakunya adalah matahari. (S)

Mataharinya sedang apa? Memancarkan (P)

Memancarkan apa? sinar ultraviolet (O)

Contoh kalimat di atas dapat ditemukan dalam latar belakang teks laporan percobaan, ya. Meskipun, penggunaan pola kalimat aktif ini juga dapat digunakan di struktur lain seperti tujuan, landasan teori, langkah-langkah, hasil percobaan, dan simpulan. 

8. Menggunakan Kata Tugas

Dalam teks laporan percobaan, kata tugas yang digunakan berupa konjungsi atau kata hubung dan preposisi atau kata yang biasa ditemukan di depan nomina. 

Contoh konjungsi misalnya terdapat dalam kalimat, ‘Kamu memerlukan pinset dan pisau’.

Sementara, contoh preposisi misalnya terdapat dalam kalimat, ‘Setelah seluruh cairan tercampur di dalam gelas, kamu bisa memindahkannya ke wadah lain agar bisa didiamkan selama satu jam.’  

 5. Menggunakan Kata Serapan

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa selain Bahasa Indonesia (bahasa daerah atau bahasa luar negeri), yang kemudian ejaan, ucapan, dan penulisannya disesuaikan dengan penuturan masyarakat Indonesia untuk menambah kosakata. Contoh penggunaan kata serapan dalam teks laporan percobaan misalnya, ‘Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan dapat ditemukan di supermarket.’

9. Menggunakan Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat yang bersifat memerintah atau memberi komando. Misalnya, ‘Panaskan dengan api kecil’, atau ‘Jangan buka tutup panci sebelum airnya mendidih!’

 

 

Salinlah Materi Tugas Pembelajaran pada lembar kerja / buku rangkuman Bahasa Indonesia masing-masing sebagai acuan bahan pembelajaran...

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 8 - Bab 1 - Mengenal Topik dan Gagasan Utama Teks LHO - Pertemuan 2

  Assalamualaikum Wr. Wb. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 hari ini Kamis 1...